Asma'ul Husna

Laman

Wednesday 2 January 2013

Teori Inflasi Menurut Keynes


Teori ini mengasumsikan  bahwa perekonomian sudah berada pada tingkat full employment. Menurut Keynes kuantitas uang tidak berpengaruh terhadap tingkat permintaan total, karena suatu perekonomian dapat mengalami inflasi walaupun tingkat kuantitas uang tetap konstan. Jika uang beredar bertambah maka harga akan naik. Kenaikan harga ini akan menyebabkan bertambahnya permintaan uang untuk transaksi, dengan demikian akan menaikkan suku bunga. Hal ini akan mencegah pertambahan permintaan untuk investasi  dan akan melunakkan tekanan inflasi.


Analisa Keynes mengenai inflasi permintaan dirumuskan berdasarkan konsep inflationary gap (masyarakat bisa menimbulkan permintaan agregatif yang lebih besar daripada jumlah barang yang tersedia). Menurut Keynes, inflasi permintaan yang benar-benar penting adalah yang ditimbulkan oleh pengeluran pemerintah, terutama yang berkaitan dengan peperangan, program investasi yang besar-besaran dalam kapital sosial. Dengan demikian pemikiran Keynes tentang inflasi dapat dirumuskan menjadi :

Inflasi = f(jumlah uang beredar, pengeluaran pemerintah, suku bunga, investasi)

Additional information: menurut Teori Keynes, Inflasi terjadi karena masyarakat hidup di luar batas kemampuan ekonomisnya. 

No comments:

Post a Comment