Asma'ul Husna

Laman

Wednesday 13 March 2013

JENIS ATAU MACAM-MACAM SISTEM PEMUNGUTAN PAJAK



Dalam melakukan pengambilan pajak terdapat beberapa macam cara atau sistem pemungutan pajak, di antaranya :

1. Sistem Pemungutan Proporsional

Sistem pemungutan proporsional adalah pengambilan dengan cara pukul rata prosentase pajak yang dikenakan untuk semua objek pajak. Contohnya adalah Pajak Pertambahan Nilai / PPN di mana semua harga barang di tingkat akhir dikenakan pajak PPN adalah sama sebesar 10%. (10 - 10 - 10 - 10)

2. Sistem Pemungutan Progresif

Sistem pemungutan progresif adalah menaikkan persentase pajak yang kena dan harus dibayar sesuai kenaikan objek pajak. Kenaikan prosentasenya sesuai dengan kenaikan objek pajak yang kena pajak. (10 - 20 - 30 - 40)

3. Sistem Pemungutan Regresif

Sistem pemungutan regresif adalah menurunkan persentase pajak yang kena dan harus dibayar sesuai penurunan objek pajak. Jenis pemungutan pajak ini kebalikan dari sistem pemungutan pajak progresif. (10 - 8 - 6 - 4)

4. Sistem Pemungutan Degresif

Sistem pemungutan degresif adalah menaikkan persentase pajak dan harus dibayar sesuai kenaikan objek pajak, namun besarnya persentase kenaikan pajak semakin menurun dari tingkat ke tingkat. Sistem ini mirip dengan sistem progresif, namun kenaikan prosentase akan semakin kecil walaupun prosentasenya naik. (10 - 18 - 24 - 28)

No comments:

Post a Comment