Asma'ul Husna

Laman

Wednesday 26 February 2014

Terlalu Banyak Berfikir



Pernahkah kamu berfikir bahwasannya kamu hebat? Ya saya juga pernah, akan tetapi setelah itu kita diperlihatkan banyak orang yang lebih hebat dari kita.


Pernahkah kamu berfikir bahwa kamu sudah berkontribusi terhadap negri ini? Ya saya juga pernah. Akan tetapi setelah itu kita diperlihatkan bahwa banyak sekali manusia-manusia yang serba kekurangan menggemparkan dunia akan prestasinya membangun negri dan membanggakan Indonesia ini.

Pernahkah kamu berfikir bahwa kamu tidak mampu melakukan suatu hal? Ya saya juga pernah berfikir seperti itu. Akan tetapi setelah itu kita diperlihatkan bahwa banyak sekali manusia yang dari segi fisik kurang dan biasa dikatakan 'cacat' mampu dengan baik menyelesaikan hal-hal yang tidak mampu kita lakukan.

Pernahkah berfikir bahwa kamu lemah? Ya saya juga pernah. Akan tetapi setelah itu kita diperlihatkan banyak sekali orang lemah yang mampu untuk melakukan segala amanat yang dipegangnya.

Pada dasarnya kebanyakan dari kita terlalu memakan lebih banyak waktu untuk berfikir sesuatu yang tidak penting, maksudnya bukan berarti dalam melakukan suatu hal kita tidak perlu berfikir. Hanya saja yang dibutuhkan adalah mengurangi waktu untuk berfikir sesuatu yang kurang bermanfaat.

Berfikir itu penting, apalagi berfikir sebelum bertindak. Akan tetapi berfikir yang terbaik adalah berfikir untuk dapat bertindak dan niatkan dalam hati bahwa kita mampu untuk menjalankan apa yang kita fikirkan. Namun, terlepas dari rasa optimisme tertsebut tetap saja kita harus tawadhu, tetap rendah hati dan jangan sampai ada kesombengan sedikitpun dalam diri ini atas segala pencapaian. Karena bagaimanapun, ketika seseorang berfikir atau mengira bahwa dirinya adalah lebih hebat dari orang lain, maka Allah akan memperlihatkan kepada kita orang yang lebih hebat dari kita.

Tetaplah berfikir sebelum dan sesudah bertindak, sebelum untuk memperkirakan kebaikannya, dan sesudah untuk mengevaluasi atas apa yang telah dilakukan. Sarannya adalah, jangan biarkan pesimisme dan sesuatu yang negatif masuk ke dalam hati kita. Jika itu terjadi, maka semuanya akan sia-sia dan banyak waktu yang terbuang secara percuma.

No comments:

Post a Comment