Asma'ul Husna

Laman

Thursday 23 December 2010

Bahaya Tidur Di Pagi Hari



Kawan, tahu kah..? ternyata tidur di pagi hari juga memiliki negatif yang cukup banyak, seperti

yang kita ketehui bersama, waktu pagi adalah awal mula di mulainya aktifitas harian di mana pada waktu itu adalah waktu yang sangat berharga tuk mendapatkan keberkahan. nah, cobalah sama-sama berfikir jika pada permulaan saja sudah bermalas-malasan dengan menidurkan diri apakah segala sesuatu pada hari tersebut akan menjadi milik kita sepenuhnya..? artikel ini saya tulis di karenakan lebih dari bertahun-tahun melihat kawan saya sendiri melakukan hal ini bahkan tidak jarang penulis sendiri pun melakukannya, dan alhamdulillah kebiasaan buruk tersebut sudah mulai punah dari diri ini sedikit demi sedikit setelah mengetahui beberapa hal negatif yang di sebabkan oleh tidur pagi.
dan ingatlah bahwa orang-orang soleh pada zaman dahulu sangat membenci sekali tidur di pagi hari, Kita dapat melihat ini dari penuturan Ibnul Qayyim ketika menjelaskan masalah banyak tidur yaitu bahwa banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu. Beliau rahimahullah mengatakan :

“Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan. Banyak tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulkan bahaya bagi badan.


Waktu tidur yang paling bermanfaat yaitu :
(1) tidur ketika sangat butuh,
(2) tidur di awal malam lebih bermanfaat daripada tidur di akhir malam-,
(3) tidur di pertengahan siang lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan sore hari. Apalagi di waktu pagi dan sore sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu ‘Ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.
Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang sholih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah (banyak kebaikan).” (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah)
kita dapat menyimpulkan dari uraian di atas bahwasannya tidur pagi dapat menutup pintu rezeki pada hari itu, dan bahaya akan hal tersebut dapat kita uraikan seperti di bawah ini
  1. tidur pagi dapat menyebabkan ke fakiran (hal ini di sebabkan pada pagi hari adalah waktu yang paling utama dalam permulaan mengais rezeki) seperti hadist rasulullah SAW "jika telah melakukan shalat subuh, janganlah kalian tidur, maka kalian tidak akan sempat mencari rezeki" (HR Thabrani)
  2. dapat menyebabkan kemalasan (ini dikarenakan pagi hari itu di umpamakan waktu muda bagi orang yang tidur dan sore hari bagaikan waktu tuanya) amalan seseorang di waktu mudanya berpengaruh kepada amalannya di waktu tua, apabila pada waktu pagi-nya sudah bermalas-malasan pasti pada sore hari-nya akan bermalas-malasan juga.
  3. menyebabkan berbagai penyakit badan (di karenakan lama-nya darah menggumpal di satu bagian tubuh karena tidak ada organ tubuh yang melakukan aktivitas.
dan masih banyak lagi masalah-masalah yang di sebabkan oleh kebiasaan tidur pada pagi hari, uusiikum wa iyyaya nafsii... smoga ini juga bisa menjadi masukan yang berharga bagi para pembaca sekalian dan bagi sahabat-sahabat ku para pemuda calon penerus bangsa yang akan menegakan negara ini dan khususnya untuk penulis sendiri agar selalu ingat dengan apa yang ditulisnya...
sekian..

1 comment: