Asma'ul Husna

Laman

Tuesday 12 April 2011

PENGERTIAN BERSYUKUR

Setiap harinya sering kali terdengar kata-kata syukur... tetapi hanya sedikit dari manusia yang menela'ah lebih dalam untuk mengetahui seluk beluk "SYUKUR" itu... dan hal ini menjadikan manusia lalai akan bersyukur
kepada-Nya dikarenakan pengetahuan yang kurang akan hal tersebut..

di bawah ini terdapat beberapa pengertian tentang bersyukur yang mana penulis hanya memberikan potongan-potongan ayat dengan harapan pembaca sekalian dapat menjabarkan penjelasannya dengan sendiri... hal ini bertujuan agar bersama-sama membuka wawasan dengan mencari tahu akan tafsiran ayat-ayat yang disajikan....

Definisi Syukur :
Memuji, berterima kasih dan merasa berhutang budi kepada Allah atas karunia-Nya, bahagia atas karunia tersebut dan mencintai-Nya dengan melaksanakan ketaatan kepada-Nya.

Kewajiban Bersyukur :
“Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepadaNya kamu menyembah.” (QS. Al Baqarah: 172).
 “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari-Ku.” (QS. Al Baqarah: 152)

Mengapa Harus Bersyukur :
“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (QS. An Nahl: 78)

Manfaat Bersyukur :
“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Cara Bersyukur :
“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena 
Tuhanmu; dan berkorbanlah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Ancaman bagi yang Tidak Bersyukur:
“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Namun, pada kenyataannya…………………………………………………….

Kebanyakan Manusia Tidak Bersyukur :
“Dan ketika Kami (Allah) memberikan nikmat kepada manusia, ia memalingkan muka dan bersikap angkuh, dan ketika ia ditimpa keburukan ia berputus asa.” (QS. Al Isra’ : 83)

Dari kehilangan kita belajar ikhlas, dari kebahagiaan kita belajar bersyukur, dan dari cobaan permasalahan kita belajar sabar....

2 comments:

  1. misalkan ada seseorang yang sangat rajin mengerjakan sholat 5 waktu maupun sunnah mendapatkan Rizky yg halal berupa uang dan ia bersyukur atas Rizky yg telah diberikan kepadanya. Uang itu ia gunakan untuk hal-2 yg dilarang oleh Allah SWT. Orang ini sudah melakukan semua yg tertulis diatas, apakah orang ini termasuk sudah bersyukur??

    ReplyDelete
  2. Thank You for youre information

    ReplyDelete