Asma'ul Husna

Laman

Monday 26 December 2011

Manusia Tidak Luput Dari Salah dan Dosa

kehidupan di dunia ini tidak selamanya lancar bagaikan tidak ada hambatan, lurus bagaikan jalan tol, dan halus bagaikan di atas keramik yang indah. akan tetapi kehidupan ini bagaikan jalan berliku, penuh kerikil, bahkan tidak jarang terjal dan membahayakan setiap dari kita yang melaluinya.

Cobaan, itulah kalimat yang dilakukan oleh-Nya kepada kita umat manusia dalam rangka menguji kesabaran, ketabahan serta ketegaran diri kita. ada cobaan yang berupa kenikmatan yang melampaui batas, bahkan tidak jarang cobaan yang berupa kekurangan nikmat sehingga harus mengais dengan penuh keluh kesah demi sesuap nasi. namun ingatlah, itu tetap cobaan bagi kita semua

di dalam hidup bersosialisasi dalam muamalah antar umat manusia, tidak jarang kita menyaksikan yang kuat/kaya menindas yang lemah/miskin. ataupun sebaliknya, yang lemah menghina yang kuat seakan ia tidak terima dengan takdir yang menimpa dirinya.

dalam lingkup sekolah, tidak jarang pemandangan negatif yang sering terlihat di dalam ruangan kelas, yang (sok merasa) sempurna menghina mereka yang serba kekurangan, dan tidak jarang pula yang dihina membalas hingga akhirnya terjadi perkelahian yang menimbulkan korban jiwa. Na'udzubillah.

hal seperti ini juga tidaklah jarang menimpa diri kita, bahkan kita lah yang melakukan diskriminasi terhadap orang lain, kita seringkali merasa sempurna bagaikan tiada cacat ataupun kekurangan dalam diri, padahal jika direnungi bersama, kita tidak lain hanyalah manusia yang penuh dengan kekurangan, jauh akan kesempurnaan dan miskin akan keimanan.

hal seperti ini akan terus berlanjut dan melahirkan musuh-musuh baru di dalam kehidupan fana dan menimbun dosa-dosa baru yang akan diperlihatkan ketika di akhirat kelak jika bukan dari diri kita sendiri lah yang memulainya, semua hal negatif akan menggelapkan kehidupan kita dan semakin mengeraskan hati sehingga tidak ada sesuatu apapun yang dapat melunakannya kecuali atas izin-Nya.

ya Rabb, kami manusia penuh dosa yang memohon ampunan serta perlindungan kedepannya. berjanji untuk terus berusaha sekuat tenaga merubah diri untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, mengharap ridho-Mu disetiap langkah. serta membutuhkan perlindungan-Mu di setiap bencana yang ada.

Allahumma-g-hfirlanaa min kulli dzunuub. amin 

No comments:

Post a Comment