Asma'ul Husna

Laman

Saturday 28 September 2013

Pengertian Software/Perangkat Lunak Komputer

Seringkali kita mendengar ataupun membaca kalimat software (perangkat lunak) di dalam dunia teknologi informasi. Namun, banyak dari kita belum benar-benar mengetahui Sebenarnya apa sih software itu? 

Pengertian Software

Perangkat lunak merupakan nama lain dari software. Software memiliki sifat tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, berbeda dengan hardware atau perangkat keras yang merupakan komponen nyata yang dapat diliat dan disentuh langsung oleh manusia. Meskipun software tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik setiap manusia dapat mengoprasikan software.

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang terdapat di dalam komputer, data elektronik tersebut dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah sehingga dapat dioperasikan.

Jenis Software 

Software dibagi menjadi 3 (tiga) menurut jenisnya, antara lain; Program Aplikasi, Sistem Operasi, dan Bahasa Pemrograman.

Jika dilihat berdasarkan distribusinya software dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware).

Software berbayar

Software berbayar merupakan software yang dibuat dan didistribusikan dengan tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membelinya kepada pihak yang mendistribusikannya. Pada umumnya para pengguna software berbayar dilarang untuk menyebarluaskan software tersebut tanpa izin. Sehingga orang lain tidak dapat memilikinya secara gratis.

Freeware

Freeware adalah software yang memiliki hak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, dalam bahasa lain dikatakan bahwa freeware merupakan program yang didistribusikan secara gratis tanpa biaya tambahan.

Free Software

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak sepenuhnya gratis. Letak intinya karena bebas untuk mencoba perangkat lunak Open Source. free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi.

Shareware

Shareware juga bebas tetapi memiliki batasan waktu. Shareware adalah program terbatas yang didistribusikan baik sebagai trial atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program.

Adware

Perangkat lunak yang dapat ditemukan bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware.

1 comment: