Asma'ul Husna

Laman

Tuesday 15 October 2013

LEADERSHIP BASIC TRAINING (LBT) 2013 KSEI PROGRES TAZKIA

PROGRES: MENCETAK GENERASI EMAS MELALUI PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

Leadership Basic Training atau disingkat LBT, adalah satu tahap pengkaderan para generasi penerus yang dilaksanakan oleh organisasi Pelopor Gerakan Ekonomi Syariah (Progres) Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia. Training ini juga dilaksanakan di lain universitas yang memiliki organisasi Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) yang menyatu di tubuh Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dengan nama Diklat Ekonomi Islam (DEI).


Seperti namanya, pelatihan kepemimpinan ini membekali para peserta arti dari kepemimpinan dengan belajar melalui pengalaman dari para generasi sebelumnya, lebih banyak mendengar, bersikap asertif, mengelola stres yang mungkin timbul ketika berjalannya kepengurusan, mampu menjalin hubungan dengan pengurus lain maupun anggota, serta menjadi seseorang yang dapat mencari solusi dari suatu permasalahan.

Belajar dari pengalaman orang lain adalah cara yang efektif untuk belajar leadership. Setiap orang akan dibekali secara spesifik bagaimana menjadikan pengalaman masing-masing dan pengalaman orang lain dapat dijadikan ‘buku pelajaran’ yang mampu menjalankan roda keorganisasian di masa yang akan datang.


Perkenalan saya dengan kegiatan ini terjadi pada tahun 2011 silam, dimana waktu tersebut adalah awal saya lebih banyak mengenal organisasi KSEI Progres Tazkia, sampai hari ini, 2013, saya sudah tiga kali merasakan LBT, tahun pertama sebagai peserta, tahun kedua sebagai pengurus dan tahun ketiga sebagai mantan peserta dan pengurus. Dari semua yang dirasakan saya merasa banyak manfaat yang didapat baik dari segi akademis keilmuan maupun kreatifitas diri. Saya menyimpulkan bahwa siapapun yang ingin mendapat banyak, maka kejarlah! raihlah dengan penuh perjuangan, karena mereka yang sukses adalah mereka yang tidak pernah diam menunggu atau tidak melakukan apa-apa terhadap harapan yang telah dicanangkan.





No comments:

Post a Comment