Asma'ul Husna

Laman

Tuesday 30 April 2013

Intelek Salah Kaprah

Sejenak terhenyak ketika membaca newsfeed di kolom twitter "Sadly, too many people think they are Shaikhs, just because they studied under Shaikh Google and Mufti Wikipedia at Darul Copy-and-paste."

kalimat ini mengingatkan saya kepada tulisan yang sering saya baca di almamater saya dulu "jadilah ulama yang intelek, bukan intelek yang tahu agama". Tulisan tersebut adalah realita yang terjadi saat ini khususnya di indonesia ini. Banyak pihak yang seakan-akan pintar namun dibalik itu semua ia mendapatkan pengetahuan tersebut dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Saya takut ketika kelak saya menjadi salah satu diantara sekian banyak orang yang melakukan copy paste tanpa benar-benar mengetahui asal muasal dari suatu permasalahan. berani berbicara lantang tanpa dasar yang jelas dan seakan-akan bagaikan tong kosong yang berbunyi nyaring.

Jika memang seperti itu, mau jadi apa para penerus bangsa ini.

No comments:

Post a Comment